Kamis, 10 Oktober 2019

Resume Sistematika Penulisan Skripsi Mahasiswa pai/ftik


RESUME SISTEMATIKA
PENULISAN SKRIPSI
MAHASISWA/I  PAI/FTIK
IAIN PONTIANAK

NAMA : SULASTRI
NIM : 11901285
KELAS : I/D



KORELASI ANTAR HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL RAUDHATUL ISLAMIYAH PAL IX KECAMATAN SUNGAI KAKAP TAHUN PELAJARAN 2017/2008


SKRIPSI
OLEH :
NURLINA
NIM: 1061108572


MOTTO :
Barang siapa yang berbuat sesuai dengan petunjuk Allah, maka dia berbuat untuk keselamatan dirinya sendiri, dan barang siapa yang tersesat maka sesungguhnya dia tersesat bagi kerugian dirinya sendiri “. (Q.S.AL-ISRA’:15).
ABSTRAK :
Penilaian ini berjuduk, “Korelasi antara Hasil Belajar Aqidah Akhalak ndengan Perilaku Konsumtif Siswa Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al-Raudhatul Islamiyah Pal IX Kecamatan Sungai Kakap Tahun Pelajaran 2007/2008”.
Sesuai judul tersebut maka masalah penelitian ini dapta dirumuskan dalam pertanyaan umum yaitu, “ Bagaimana korelasi antar hasil belajar Aqidah Akhlak dengan perilaku konsumtif sisiwa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Raudhatul Islamiyah Pal IX Kecamatan Sungaii Kakap Tahun Pelajaran 2007/2008”.
Masalah penelitian tersebut di atas dilatarbelakangi adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan, yaitu kita mengharapkan seorang sisiwa yang mendapatkan hasil belajar Aqidah Akhlak yang tinggi seharusnya tidak berperilaku konsumtif, namun kenyataannya ada saja siswa yang berperilaku konsumtif, seakan-akan pengetahuan yang dimilikinya tidak diserapi, dijiwai, dipedomani, dan tidak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berkaitan dengan hal di atas makan tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran dan kejelasan tentang korelasi hasil belajar Aqidah Akhlak dengan perilaku konsumtif siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al-Raudhatul Islamiyah Pal IX Kecamatan Sungai Kakap Tahun Pelajaran 2007/2008.
Untuk mencapai tujuan di atas, maka pendekatan penelitian yang dipilih adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumenter dan komunikasi tidak langsung dengan alat berupa angket. Adapun untuk menganalisis data digunakan rumus mean dan analisis angka indeks korelasi “r” Product Moment.
Hasil penenlitian ini menunjukkan bahawa hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al-Raudhatul Islamiyah Pal IX Kecamatan Sungai Kakap Tahuhn Pelajaran 2007/2008, dengan nilai rata-rata 63 termasuk klasifikasi cukup. Sedangkan perilaku konsumtif sisiwanya dari perhitungan nilai rata-rata angket sikapnya 37 yang tergolong sedang.
Selanjutnya dari hasil perhitungan dengan teknik analisis angka indeks korelasi “r” Product Momentmenunjukkan bahwa terdapat korelasi  Aqidah Akhlak siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al-Raudhatul Islamiyah Pal IX Kecamatan Sungai Kakap Tahuhn Pelajaran 2007/2008  dengan bukti “r” hasil perhitungan adalah -0,046 lebih kecil dari “r”  tabel yaitu 0,413. Sedangksn tingkat korelasinya berada pada rentang 0,00 – 0,20 yang berarti sangat lemah  atau sangat rendah.





DAFTAR ISI

Halaman
ABSTRAK .................................................................................................................................i
KATA PENGANTAR................................................................................................................ ii
    DAFTAR ISI.......................................................................................................................... iv
DAFTAR TABEL....................................................................................................................... vi
DAFTAR LAMPIRAN.......................................................................................................... vii
    BAB I    PENDAHULUAN....................................................................................................
A.    Latar Belakang Penelitian.............................................................................................1
B.     Masalah Penelitian.......................................................................................................4
C.     Tujuan Penelitian......................................................................................................... 5
D.    Manfaat Penelitian........................................................................................................6
BAB II   HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK DAN PERILAKI KONSUMTIF...................
A.    Kajian Teori.................................................................................................................... 7
B.     Karangka Pikir...............................................................................................................21
C.     Hipotesis Penelitian...................................................................................................... 22
BAB III   METODE PENELITIAN.................................................................................................
A.    Pendekatan,Metode, dan Bentuk Penelitian ..................................................................23
B.     Tempat dan Waktu Penelitian........................................................................................ 24
C.     Ruang Lingkup Penelitian............................................................................................. 25
D.    Populasi Penelitian........................................................................................................ 26
E.     Teknik dan Alat Pengumpulan Data.............................................................................. 27
F.      Analisis Data..................................................................................................................28
BAB IV   PAPARAN DATA, ANALISI DATA, DAN PEMBAHASAN.........................................
A.    Gambaran Umum Lokasi Penelitian ..............................................................................29
B.     Prosedur Analisis Data...................................................................................................32
C.     pembahasan.................................................................................................................... 43
BAB V    PENUTUP..........................................................................................................................
A.    Kesimpulan.....................................................................................................................47
B.     Saran.............................................................................................................................. 48
DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................................................49
LAMPIRAN-LAMPIRAN.......................................................................................................... 52





KUTIPAN :
1.   Kemudian Yusuf al-Qardawi dalam Abuddin Nata (2004:85) mengatakan bahwa Aqidah atau iman menurut pengertiannya sebenarnya ialah kepercayaan yang meresap dalam hati dengan penuh keyakinan, tidak bercampur syak dan ragu, serta memberi pengaruh bagi pandangan hidup, tingkah laku dan perbuatan sehari-hari.
2.    Menurut Thoyib Sah Saputra dan Wahyidin (2004:30) “Akhlak” berasal dari bahasa Arab “Akhlak” yang merupakan bentuk jamak dari”khuluq”. Secara bahasa “Akhlak” mempunyai arti budi pekerti, tabi’at,watak. Dalam kebahsaan akhlak sering disinonimkan dengan moral,etika.
3.    Seiring pendapat di atas menurut Asmaran As (2002:1)  dilihat dari sudut bahasa (etimologi) perkataan akhlak (bahasa Arab) adsalah bentuk jamak dari kata khuluq, khuluq di dalam kamus Al-Munjid berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat.
4.  Demikian juga halnya dengan pendapat Emil Salim dalam Andi Hakim Nasution, dkk (2002:117) Akhlak adalah prilaku yang bersumber pada wahyu dan berkembang menurut pendidikan tentang masalah dunia dan akhirat.
5.    Menurut Abdullah Gymnastiar (2005:7) puncak derajat kemanusian seseorang dinilai dari kualitas akhlaknya. Bahkan kualitas keimanan pun diukur dari akhlak.
6.     Hal ini lebih dipertegas oleh Ibnu Maskawaih dalam Sirajuddin Zar (2004:135) mengatakan bahwa ahklak yang tercela bisa dirubah menjadi akhlak terpuji dengan jalan pendidikan (tarbiyah al-akhlaq) dan latihan-latihan.
7.   Menurut Syamsul Bahari Djamarah (1994:19) presentasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan atau diciptakan secara individu maupun secara kelompok.
8.   Selanjutnya menurut Syaifudin Azwar (1988:8) hasil belajar atau prestasi belajar adalah performa maksimal seseorang dalam menguasai bahan-bahan atau materi yang telah diajarkan atau telah dipelajari.
9.  Berkaitan dengan pendapat tersebut, menurut Sri Esti Wuryani Djiwandono (2002:397) Evaluasi atau penilaian berarti suatu tindakan untuk menentukan nilai sesuatu.
10.  Menurut Wiwik DH dan Retno Kuning D.P (2007:34) konsumerisme adalah sikap orang-orang yang cenderung memakai alat atau memiliki benda-benda tertentu demi mendapatkan genggi atau prestise tertntu.


DAFTAR PUSTAKA

Abuddin Nata.(2004).Metodologi Studi Islam. Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada.

Thoyib Sah Saputra dan Wahyudin.(2004).Aqidah Akhlak Untuk MA Kelas I. Jakarta:PT. Karya Toha Putra.

Asmaran As.(2002).Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.


Andi Hakim Naution,dkk (2002).Pendidikan Agama dan Akhlak bagi Anak dan Remaja.Jakarta :PT Logos Wacana Ilmu.

Abdullah Gymnastiar (2005).Keluarga Kaya Hati.Bandung: PT Senibudaya Sejahtera Offset.

Sirajuddin Zar.(2004.Filsafat Islam.Jakartaa:PT. Raja Grafindo Persada.

Syamsul Bahri Djamarah.(1994).Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.Jakarta:Rineka Cipta.

Syaiful Azwar.(1988).Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Sri Esti Wuryani Djiwandono.(2002).Psikologi Pendidikan.Jakarta: Grasindo.

Wiwik D.H. dan Retno.(2007).Sosiologi. Solo: Sindhunata.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar